Mengidentifikasi pekerjaan kantor
A. Jenis‐Jenis Pekerjaan Kantor
1. Menghimpun
2. Mencatat
3. Menggandakan
4. Mengirim
5. Menyimpan
6. Melakukan komunikasi
7. Menghitung
8. Pekerjaan lainnya
B. Ciri‐Ciri Pekerjaan Kantor
1. Bersifat pelayanan
2. Terbuka dan luas
3. Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi
C. Hasil Jasa atau Produk Pekerjaan Kantor
1. Surat
Adalah media komunikasi
tertulis yang berisi buah pikiran atau informasi yang disampaikan kepada pihak
lain untuk mendapatkan tanggapan.
2. Laporan
Adalah suatu bentuk
penyampaian informasi, data, atau berita baik secara lisan maupun tertulis.
Didalam laporan terdapat kegiatan pencatatan, pengumpulan, pemeriksaan,
pengetikan dan pengolahan data.
3. Berbagai macam dokumen tertulis
Dokumen tertulis lain:
tabel, peta, grafik, gambar, buku atau paper Hasil jasa pekerjaan kantor:
kegiatan melayani tamu atau kegiatan memberikan informasi secara langsung.
4. Arsip
Merupakan data atau
catatan berupa tulisan baik tercetak atau terekam berupa informasi yang telah
terjadi atau berkaitan dengan masa lalu yang disimpan menurut suatu cara
tertentu sehingga informasi tersebut dapat digunakan dengan lebih baik dan
lebih lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar